Lagi Probation

Menikmati Perjalanan Mencari Kerja (Review)

INFO PRODUCT
Penulis
Samuel Ray
Tahun
2020
Kategori
Self Help
Pertama terbit
Indonesia

INFO REVIEW
Read
265

GET THE COPY
Prawira
Prawira Azizi

Knowledge influencer, Strategist, Stock Investment enthusiasm

 

12 Jul 2020

Kali ini saya akan mereview buku berjudul “Lagi Probation”, buku yang baru terbit di awal tahun 2020an yang ditulis oleh seorang praktisi dan profesional di bidang Human Resources (HR).

Kira-kira Anda bisa menebak ngak buku ini tentang apa dan untuk siapa buku ini?. Yes, dari judulnya kata probation umum terdengar sebagai masa percobaan bagi karyawan yang baru diterima bekerja.

Berarti buku ini akan membahas bagaimana proses yang dijalani oleh seorang pekerja selama menjalani masa percobaan?, oh tunggu dulu, definisinya tidak sebatas itu. Penulis mendefinisikan probation dalam pengertian yang lebih luas yaitu sebuah usaha memberanikan diri untuk mencoba pengalaman baru di suatu tempat yang belum kita pahami betul.

Jadi buku ini membahas tentang cara pikir, tips, dan prinsip tentang cara melamar pekerjaan dari mulai proses pencarian, proses seleksi, sampai proses masa percobaan sebagai karyawan baru di sebuah perusahaan. Itu yang dimaksud probation dalam konteks buku ini.

Terus buku ini cocoknya untuk siapa?, menurut saya buku ini akan memberikan manfaat paling besar dirasakan untuk para fresh-graduaters, yaitu Anda yang mau atau baru lulus dan sedang menjalani pencarian pekerjaan idamannnya. Saya bicara penerima manfaat terbesar ya.., tetapi secara umum buku ini akan bermanfaat bagi semua para pencari kerja.

Saya sebagai orang yang sudah bekerja menyarankan kepada para fresh-graduaters: “Daripada merasa tahu padahal belum tahu betul, Anda lebih baik memiliki satu referensi sebagai panduan dalam proses pencarian pekerjaan kemudian Anda perbaiki pendekatannya sesuai pengalaman yang ditemui di lapangan”.

 

Mengingatkan, beberapa paragraf di atas itu adalah pembukaan tentang buku apa dan untuk siapa buku ini ditulis, berikutnya saya ingin masuk untuk membahas siapa penulisanya...

Pada bagian awal buku ini para pembaca akan dengan mudah bisa memahami bahwa penulis buku ini bukan orang biasa, tetapi seseorang yang terdidik pada lingkungan kelas satu. Latar belakang pendidikannya yang pernah pertukaran pelajar ke Brasil lalu kuliah di Jepang adalah bukti bahwa penulis ini orang yang memiliki kapasitas dan kredibilitas. Tidak banyak orang yang bisa mendapatkan pengalaman seperti itu, walau untuk jadi hebat tidak mesti lulusan dari luar negeri, pointnya adalah penulis memiliki exposure yang baik dalam pendidikannya.

Samuel Ray adalah nama penulisnya, seorang praktisi dan profesional HR yang bekerja di Jakarta. Memiliki pengalaman di dunia HR lebih dari 5 tahun.

Dalam buku ini, Samuel menunjukan siapa dirinya dari networknya, sebutlah anda kenal Yoris Sebastian, ada Nathalie Indry, ada Talent development Gojek, Senior recruitment MAP Active, Employer brand Grab, dll adalah orang-orang yang terkait dalam buku ini.

 

Terakhir sebelum masuk ke isi Big Message buku ini sekilas saya perlu memberitahu tentang gaya penulisannya

Saya kira semua orang akan sepakat kalau buku ini memiliki gaya penulisan yang komunikatif dan ringan, sehingga enak dibaca dan mudah dipahami. Lihat saja bagaimana penulis menggunakan kata ganti ‘gue’ dengan kalimat yang pendek-pendek, serta pesan kalimat yang tidak terkesan menggurui. Anda nanti jika membaca buku ini akan mendapatkan kesan yang serupa. Betul ngak ?

 

Oke terakhir, apa yang akan anda dapatkan dari buku ini….

Buku ini dibagian awal memperkenalkan kehidupan penulisnya ini penting untuk membangun kredibilitas penulisnya. Penting juga bagi pembaca untuk mengetahui seberapa layak buku ini diikuti nasihatnya, salah satunya adalah dari kredibilitas sang penulisnya. Ketika penulisnya orang yang kredible dan isi tulisannya mengenai pusat keunggulan/keahlian penulisnya maka disitulah sumber referensi terbaik untuk dipercaya. Dengan tidak bermaksud melebih-lebihkan, tetapi dalam penilaian saya strategi ini berhasil mempertemukan antara penulis dan isi tulisannya.

Lalu buku setebal 260an lembar ini pada bagian berikutnya sampai akhir akan membahas tentang proses mendapatkan pekerjaan dari mulai persiapan, pencarian, sampai interview dan kontrak kerja. Berikut point-point yang akan anda temukan pada buku ini:

  • Anda akan dibimbing secara sederhana memahami minat dan bakat anda
  • Bagaimana cara menyusun CV yang baik dan menulis cover letter
  • Bagaimana memaksimakan Job Fair dan ber-networking
  • Menggunakan LinkedIn dan bagaimana etika komunikasi via email
  • Tips selama proses wawancara kerja
  • Memahami alat psikotest
  • Proses negosiasi gaji
  • Proses medical checkup sampai dengan tanda-tangan kontrak

Saya tidak bermaksud meringkasnya satu persatu karena tulisannya sudah detail dan teknis. Anda perlu membaca setiap halamannya karena penjelasan tersebut disampaikan secara terperinci.

Saran saya ambil dan catat prinsip-prinsipnya, lalu praktekan, dan kemungkinan tidak langsung sempurna, Anda perlu ketekunan untuk terus memperbaiki pendekatannya sampai makin terlatih dan berhasil.

 

Kesan

Hal yang berkesan dan mungkin bonus dari buku ini adalah Penulis berbagi tentang ciri manusia dewasa yaitu terbuka, bertanggung jawab, mandiri dan realistis. Ia mengajak pembacanya naik dulu pada level kesadaran yang sama, yaitu menjadi manusia dewasa. Karena mencari kerja dan bekerja itu adalah pekerjaan orang dewasa dengan segala kompleksitasnya, jika mental Anda masih kanak-kanak percaya deh dunia kerja ini tidak akan bisa Anda pahami, apalagi bisa sukses sampai menduduki jabatan puncak.

Penulis melihat kehidupan secara umum dan dunia kerja secara realistis, lalu berbagi dengan pembacanya. Bagian tulisan ini yang saya garis bawahi sebagai wisdomnya penulis, dan ini memiliki tingkatan tertinggi nilianya (value) dari seluruh bab di buku tersebut.

 

Kritik

Tentu tidak ada yang sempurna dari sebuah karya, kritik disini adalah gap yang saya lihat dalam sudut pandang pribadi. Saya coba mensinkronkan antara cover book dengan isi bukunya, isi buku ini walau dengan gaya penulisan yang ringan tetapi isinya berbobot dan menguasai detail-detail penting tentang cara dan proses mendapatkan pekerjaan. Sebetulnya kontent buku ini serius dan matang, tetapi first impression pembeli adalah pada cover booknya, dan saya menilai cover booknya terlalu ‘imut’ dengan bentuk font dan gambar kartun yang sederhana.

 

Anyway, secara keseluruhan isi buku ini pas dan proporsional. Artinya tidak terlalu konseptual yang mengawang-awang tetapi juga tidak bertele-tele yang membuat kehilangan bobot atau membosankan. Bagi para pencari kerja, buku ini akan membantu Anda.