The $100 Startup

Cara Untuk Memulai Usaha Sendiri Bagi Pemula

INFO PRODUCT
Penulis
Chris Guillebeau
Tahun
2012
Pertama terbit
Amerika Serikat

INFO REVIEW
Read
7.9K
Prawira
Prawira Azizi

Knowledge influencer, Strategist, Stock Investment enthusiasm

 

29 Dec 2015

Kesan saya dengan buku The $100 StartUp adalah buku bisnis yang simple, lengkap, dan mudah diaplikasikan. Chris Guillebeau menceritakan bagaimana membangun bisnis hanya dengan modal US$100. Buku ini masuk dalam kategori New York Time Best Seller dan sampai saat ini mendapat review lebih dari 1.000 dari pembacanya di amazon.com.

Apa angka 1.000 review di amazon.com ?, Di amazon.com tidak sebarangan orang bisa memberikan review bukunya, tapi hanya user yang ter-registrasi membeli buku tersebutlah yang bisa memberikan review buku. Dan tidak semua pembeli juga memiliki concern untuk menuliskan reviewnya, jadi hanya sebagian pembeli saja. Nah angka 1.000 review itu sudah termasuk buku yang bagus menurut pembaca dan layak direkomdasikan.

Buku ini sekilas terlihat cukup komprehensif dimulai dari cara memilih ide bisnis yang tepat sesuai dengan masing-masing orang, sampai dengan bagaimana mengembangkan bisnis melalui franchising dan outsourcing. Tetapi bagi pembaca yang sudah memiliki cukup banyak referensi buku bisnis, maka akan bisa memahami bahwa penulis menggabungkan berbagai referensi teori bisnis dengan contoh applikasi bisnis di lapangan. Kekuatan buku ini menurut saya adalah Ia menyajikan cara bisnis yang praktis, dengan modal yang paling kecil sekalipun, disertai contoh-contoh yang nyata, sehingga pembacanya percaya dan termotivasi untuk memulai bisnis. Trust me this is great book !.

 

TAHAPAN MEMBANGUN BISNIS RINTISAN (STARTUP)

Secara garis besar, Buku The $100 Startup menggambarkan bagaimana membangun bisnis Startup (rintisan):


1. Apabila kita akan memulai bisnis, kita harus mampu mengenali passion/ketertarikan alamiah kita, yaitu biasanya adalah hal yang kita sukai. Pengetahuan akan passion ini akan jadi modal dasar membangun bisnis yang akan kuat bertahan, karena membangun bisnis pada area yang bukan passionnya, Anda tidak akan punya insting bagaimana melakukan eksplorasi agar bisnis bisa berkembang. Dan sekali ada kompetitor masuk menyaingi bisnis Anda, dengan mudah Anda akan dikalahkan.

Bagaimana mengetahui passion ?, caranya dengan mengetahui ciri-cirinya seperti: Pertama, Anda biasanya memiliki minat yang tinggi terhadap suatu bidang; Kedua, Apabila Anda belajar, Anda memilki kemampuan penguasaan cepat dalam bidang itu; Ketiga, ada kegembiraan natural saat menjalaninya; dan keempat ada oplimisme pada kemampuan pengembangan lebih jauh.

2. Kemudian, tahap berikutnya kita harus mampu mengenali masalah apa yang terjadi di lingkungan kita atau di area passion kita, misalnya area passion kita berada di industri makanan. Seorang yang memiliki passion tertentu biasanya akan mampu melihat kekurangan atau masalah atau gap yang terjadi di industri tersebut, ia kemudian merancang dan menawarkan solusi atas masalah tersebut.

3. Setelah masalahnya atau gap-nya ditermukan, rumuskanlah sebuah ide bisnis. Perhatikan ide bisnis yang anda susun harus memberikan nilai tambah bagi pelanggan sekaligus menguntungkan secara bisnis.

4. Setelah ide tersusun menjadi konsep bisnis yang cukup matang dan solid, berikutnya segera Anda membuat prototipe produk atau service. Setelah itu segera promosikan produk Anda, bahkan sebelum produk tersebut selesai dibuat. Anda bisa saja dengan mudah terbawa untuk membuat konsep yang rumit, ini sering terjadi pada kebanyakan orang, yang perlu Anda lakukan adalah segera melakukan eksekusi, sambil kemudian memperbaiki strategy Anda.

5. Launching, lakukan persiapan dengan baik sampai Produk anda benar-benar bisa dijual ke pasaran. Lihat bagaimana respon pasar, dapatkan feedback segera, kemudian lakukan perbaikan yang perlu.

6. Hustle, anda perlu melakukan promosi berbiaya rendah tapi berdampak besar. Disinilah seni-nya bisnis startup diantara keterbatasan biaya dan sumber daya, Anda harus bisa kreatif bagaimana mempromosikan produk anda seluas mungkin dan seefektif mungkin.

7. Focus your eyes on the ball marked “The money is here”. Ingat tujuan bisnis adalah profit, lakukan langkah-langkah yang cerdas agar bisnis anda menguntungkan. fokuskan terus bagaimana Anda bisa menciptakan pendapatan.

8. Leverage, setelah bisnis mulai berkembang, Anda bisa membuatnya semakin berkembang dengan terus melakukan improvement, membangun partnership, bahkan membentuk sistem business franchise.

Bagi siapapun yang berniat memulai bisnis, saya merekomendasikan untuk membaca buku ini. Saya kira seperti yang disampaikan diawal, buku ini cukup komprehensif, Anda bisa menjadikan buku ini sebagai referensi utama yang kemudian setiap tahapan detailnya bisa Anda lengkapi dengan referensi buku lain yang lebih spesifik.

 


Ringkasan Buku:

Buku ini termasuk buku yang saya rekomendasikan untuk dibaca bagi yang berminat memulai usaha. Dan kabar baiknya buku ini sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, sehingga Anda bisa mendapatkannya di toko-toko buku sekitar Anda.

Kami sudah membuatkan ringkasan buku ini untuk Anda. Dirangkum kedalam sembilan lembar kertas ukuran A4 agar Anda yang berminat bisa memahami lebih baik ide-ide dari buku ini. Tentu saja kami sangat selektif untuk membuat buku ringkasan, hanya buku-buku yang menurut kami bagus dan tervalidasi oleh pembaca lain baru kami buatkan ringkasannya.

Selamat membaca, semoga Anda terinspirasi dan tergerak untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.