Purple Cow

Jenis Buku : Import

Negara Penerbit : USA

Penulis : Seth Godin

Tahun Terbit : -

Kategori: Marketing

Indra Budi

Author Review

3.159

Read
Indra
Indra Budi

HR Manager, Entrepreneur, Read 1 book a week

  

08 Feb 2016 | Komentar : 1

Purple Cow adalah buku tentang Marketing yang ditulis oleh Seth Godin pada tahun 2002. Buku ini berisi sekitar 60 bab dengan 1-2 lembar setiap bab nya.  Ini adalah buku tentang membuat diferensiasi dalam bisnis dengan cara membuat produk yang mudah diingat dan dikenang (remakable)

 

Buku ini secara umum berisi kumpulan cerita  bagaimana bisnis tertentu bisa menonjol dan berhasil dibandingkan bisnis yang lainnya. Metapor yang diajukan sangat sederhana, jika Anda sedang mengendarai mobil menuju daerah peternakan Sapi, dimana ratusan Sapi sedang makan rumput di lapangan. Saat itu Anda melihat seekor Sapi. Seekor Sapi terlihat berbeda diantara ratusan Sapi lainnya, hanya karena satu hal… dia berwarna Ungu (purple). Tidakah itu akan menarik perhatian Anda ? Kira-kira orang akan berteriak dan mengatakan “Lihat, seekor Sapi Ungu!”

                                 

 

Menurut Seth Godin bahwa dalam bisnis strategi marketing itu penting, tetapi strategi produk lebih penting lagi. Dan purple cow adalah strategi bagaimana membangun produk yang hebat sehingga mudah dikenal dan memiliki keunikan.

 

Mengapa harus purple cow ?, Seth mengatakan bisa saja Sapi Anda gemuk, sehat dan bersih, yang ini adalah kualitas yang sangat layak dijual. Tetapi itu adalah kualitas yang membosankan, akan sangat mungkin kompetitor memiliki kualitas yang sama dengan Sapi Anda. Nah agar Sapi Anda menarik perhatian sehingga bisa mempengaruhi perilaku konsumen untuk memutuskan membeli, sebaiknya ada kualitas lain yang remarkable, misalnya warna Sapi Anda Ungu.

 

Jadi mengapa perusahaan memerlukan strategi Purple Cow ?, karena begitu banyak produk dipasaran sehingga hanya produk yang unik dan berbedalah yang akan dikenal dan dikenang oleh konsumen.

 

Kesimpulannya, apapun yang Anda sedang jual buatlah Purple Cow nya !, apakah Anda menjual produk, jasa, atau menjual diri Anda sendiri, buat keunikannya yang bisa membedakan produk Anda dengan yang sudah ada dipasaran, apapun itu, ini area kreatifitas Anda.

Sudahkan produk Anda memiliki Purple Cow nya ?, ceritakan disini apa keunikan produk Anda ?